19 March 2018

6 Minuman Tradisional Indonesia Yang Masih Hits Di Jaman Now



Tempatpopuler.com  setelah membahas makanan Indonesia yang terkenal hingga mancanegara, sekarang tempatpopuler.com akan membahas minuman “Jaman Old atau tradisional Indonesia yang masih hits hingga Jaman Now dan tak kalah saing dengan jenis minuman Jaman Now yang lebih instan. Dan kalian wajib mencobanya sekaligus  melestarikan minuman tradisional Indonesia ini.
Jenis minuman seperti apakah yang dimaksud? Yuk disimak yang berikut ini.

1.WEDANG RONDE
Minuman jaman old ini merupakan jenis minuman yang disajikan ketika hangat. Satu fakta tentang wedang ronde ini yaitu jenis minuman yang berasal dari China di jaman old. Minuman ini terbuat dari berbagai macam rempah-rempah yang dapat menhangatkan tubuh selain itu wedang ronde ini juga dilengkapi dengan bola-bola tepung yang kenyal. Selain itu wedang ronde ini biasanya di taburi dengan kacang tanah yang dibelah menjadi dua.

2.ES SELENDANG MAYANG
Minuman tradisional Indonesia selanjutnya yaitu minuman yang berasal dari Jakarta. Es selendang mayang ini rasanya enak banget, seger, dan cocok diminum saat kondisi matahari yang sangat terik. Es Selendang Mayang ini seperti agar-agar yang terbuat dari tepung beras kemudian dicetak disebuah nampan. Dan untuk penyajiannya biasanya Es Selendang Mayang ini di beri potongan es batu dan sirup gula jaw, dan kuah santan. 
Tidak hanya menyegarkan, Es Selendang Mayang ini juga mampu mengobati rasa lapar kalian. Karena berbahan dasar dari tepung beras

3.CENDOL
Minuman yang satu ini juga berbahan dasar dari tepung beras yang dicetak melalui saringan dan umumnya berwarna hijau. Minuman khas Sunda ini disajikan dengan kuah santan, sirup gula jawa dan potongan es kecil-kecil. Minuman ini cocok untuk menghilangkan dahaga apalagi diminum saat setelah habis jalan-jalan.
Untuk menikmati minuman ini sangat mudah karena hingga saat ini para pedagang kaki lima hingga restaurant masih menjualnya. Sekilas minuman ini mirip dengan ES DAWET yang merupakan minuman tradisional juga yang berasal dari Jawa. Bedanya hanya pada bahan dasar yang dibuat, jika cendol berasal dari tepung hunkwe sedangkan es dawet berasal dari tepung beras.

4.BEER PLETOK
Nah,, minuman selanjutnya memang namanya juga aneh ya apa lagi untuk masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama islam dan dilarang meminum minuman alcohol. Tapi tenang saja, kalian nggak perlu khawatir. Minuman tradisional ini bukanlah minuman yang mengandung alcohol meskipun namanya identic dengan minuman beralkohol. Minuman tradisional yang berasal dari Jakarta ini merupakan minuman yang terbuat dari campuran rempah-rempah seperti jahe, serai, dan daun pandan wangi yang memiliki banyak khasiat bagi tubuh. 
Jenis minuman ini disajikan seperti wedang yaitu disajikan ketika masih hangat. Dan minuman ini biasanya dikonsumsi di malam hari apalagi saat musim hujan karena minuman ini mampu menghangatkan badan

5.BAJIGUR
Minuman tradisional yang lagi-lagi dari Sunda Jawa Barat ini memang sangat terkenal meskipun jenis minuman ini sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Minuman ini berbahan dasar gula aren, santan, sedikit jahe, garam dan bubuk vanilli. Minuman yang disajikan ketika hangat ini biasanya di sajikan bersama kacang rebus, ubi rebus, dan klepon. Dan biasanya dalam wedang bajigur sendiri diberi kolang-kaling.
Wedang bajigur untuk saat ini sudah mengalami perkembangan rasa. Ada yang disajikan dalam bentuk dingin, ada yang disajikan dengan serutan buah durian bahkan seiring perkembangan zaman wedang bajigur ini dibuat dalam bentuk bubuk yang disebut wedang bajigur instan.

6.SEKOTENG
Minuman yang disajikan ketika hangat ini sekilas mirip wedang ronde tapi isian wedang sekoteng ini lebih banyak dari pada isian wedang ronde. Biasanya sekoteng disajikan dengan kacang hijau, kacang tanah, pacar china, dan potongan-potongan kecil roti tawar. Minuman yang berasal dari Jawa Tengah ini sangat cocok saat dikonsumsi pada malam hari saat cuaca dingin.

0 komentar:

Post a Comment